Senin, 17 Agustus 2009

Musisi Indonesia Pernah Menciptakan Lagu Untuk SCORPIONS

Bertepatan dengan hari kemerdekaan, gw mo share informasi yang mungkin bisa membuat kita semakin bangga sebagai orang Indonesia.
Sebelumnya gw mo cerita sedikit mengenai band ini.

Siapakah SCORPIONS?
Scorpions merupakan grup musik legendaris asal Hannover Jerman yang didirikan pada tahun 1969 oleh Rudolf Schenker, band ini beranggotakan :
* Klaus Meine (vokal)
* Matthias Jabs (gitaris)
* Rudolf Schenker (gitaris)
* James Kottak (drummer)
* Paweł Mąciwoda (bassis)

Mereka telah merilis lagu-lagu hits seperti "Wind of Change", "Still Loving You", "Always Somewhere", "You and I", "Under The Same Sun" dan masih banyak lagi. Tercatat Scorpions telah merilis 21 album dan 54 single (Dari Tahun 1972 - Sekarang). Konser-konser Scorpions selalu ditunggu-tunggu para rock mania di seluruh dunia. Scorpions pun menjadi fenomenal, sejumlah penghargaan pun diraih Scorpions, mulai dari "The Best Hard Rock Album of The Year", penghargaan Platinum, sampai penghargaan Double LP.

Scorpions juga menjadi satu-satunya grup hard rock Jerman yang berhasil menarik lebih dari 60.000 penonton pada sebuah konsernya di Madison Square Garden, New York. Lantas meroket, konsernya di San Bernardino Valley, California, pada 1983 disaksikan 325.000 penonton, di "Rock in Rio Festival" pada 1985 disaksikan 350.000 penonton. Majalah Rolling Stones sampai menobatkan Scorpions sebagai "Heavy Metal Heroes" dan media menyebutnya "Monster of Rocks". Scorpions juga disebut sebagai pembawa genre musik hard rock modern pada 1980-an. Di Indonesia, Scorpions pernah menggelar konser di Bandung, Jakarta, dan kalau tidak salah Bali.

Namun, tahukah anda bahwa 2 orang anak bangsa pernah menciptakan lagu yang kemudian dimasukkan ke dalam salah satu album band asal Jerman ini?

Titiek Puspa dan James F Sundah:

Ya 2 anak bangsa itu bernama Titiek Puspa dan James F. Sundah, mereka menulis dan menciptakan sebuah lagu berjudul "When You Came Into My Life" yang kemudian dirilis tahun 1996 dalam album "Pure Instinct".

 Pure Instinct:



Lagu ini mendapat sambutan positif dan sangat digemari oleh fans-nya diseluruh dunia, ini membuat Scorpions kemudian merilis ulang dengan mengubah sedikit aransemennya dalam versi yang berbeda. Berikut ini klip "When You Came Into My Life" dalam 2 versi :
Original Version :

Code:

http://www.youtube.com/watch?v=yKpglMIqcBw


New Version :



Code:



http://www.youtube.com/watch?v=blR5PqMv2IQ


Gambar ini bisa membuktikan betapa lagu ini cukup digemari :



 Kometar-komentar:








Lagu berirama rock ballads ini memiliki status PERMANEN pada album Pure Instinct dan BUKAN merupakan bonus track untuk penjualan di Asia, artinya lagu ini turut disertakan disetiap penjualan album Pure Instinct di SELURUH DUNIA. Selain dalam bentuk album Scorpions juga merilis dalam bentuk single "When You Came Into My Life"



 Single:








 Wikipedia:





Nah, sekarang saya bercerita sedikit mengenai sang penulisnya. Semua orang sudah tahu siapa itu Titiek Puspa, tapi mungkin kaskuser belum banyak yang tahu siapakah James F. Sundah, berikut ini sedikit profil yang saya ambil dari Wikipedia :



Quote:



Profil James F. Sundah


Ir. James Freddy Sundah adalah penulis lagu Indonesia. Ia dikenal antara lain melalui lagunya, Lilin Lilin Kecil, yang dinyanyikan oleh Chrisye (dirilis pertama kali pada tahun 1977 sebagai pemenang Lomba Cipta Lagu Remaja Prambors).




Sundah pernah berkolaborasi dengan berbagai artis Indonesia, seperti Titiek Puspa, Vina Panduwinata, Ruth Sahanaya, Krisdayanti, Sheila Majid.



Pada saat ini Sundah menjabat sebagai Ketua Departemen Informasi Teknologi di Persatuan Artis Penyanyi, Pencipta Lagu, dan Penata Musik Rekaman Indonesia (PAPPRI), dan juga anggota Board Yayasan Karya Cipta Indonesia (KCI). Selain aktif bermusik, Sundah juga dikenal sebagai penulis dan narasumber untuk masalah-masalah kebudayaan, hak cipta, dan informasi teknologi. Karya-karyanya pernah dimuat dalam Jurnal Hukum Internasional Universitas Indonesia dan berbagai media. Sundah juga kerap mewakili Indonesia pada pertemuan-pertemuan tingkat internasional.



Sundah menikah dengan Lia Sundah Suntoso, seorang pengacara imigrasi. Mereka kini tinggal di Jakarta dan telah memiliki seorang anak laki-laki.



OK guys, tulisan ini sengaja saya tunjukkan untuk membuktikan bagaimana hasil karya musisi kita telah diakui di industri musik dunia, selain itu saya juga ingin menunjukkan bagaimana musisi sekelas SCORPIONS sangat menghargai hasil karya orang lain dengan mencantumkan nama lengkap si penulis didalam albumnya, semoga band-band muda kita juga dapat melakukan hal yang sama, minimal dengan mengakui bahwa mereka "mengambil" hasil karya orang, mari bersama-sama kita STOP PLAGIATISME di negri ini!


Regards,




Enigmaniax

0 komentar: